2.1.16

[33] Love in Prague by Riheam





Yudith adalah seorang quiz hunter yang sering memenangkan hadiah, mulai dari merchandises, sampai nonton konser musik gratis di luar negeri. Pada liburan semester, ia memenangkan kuis yang menawarkan kesempatan untuk menghabiskan seminggu waktunya di kota indah yang romantis, Prague. Sayangnya ia harus pergi bersama seorang pemenang lain bernama Kiandra yang sangat dibencinya. Bagaimana jadinya liburan itu? Apakah akan seburuk yang dibayangkannya? Lalu bagaimana dengan cinta yang ditemukannya di sana? Dan bagaimana janjinya untuk tidak berpacaran sampai ia keliling ke sepuluh negara di dunia?

Riheam lahir oada tahun 1985 di Jakarta. Selain sebagai seorang novelis, Riheam adalah seorang script writer.

Love in Prague, Riheam
376 halaman, Terrant Books
Cetakan Pertama, 2004
ISBN 9799780616


* * * *


Love in Prague menceritakan tentang Yudith yang memiliki keberuntungan besar. Awalnya, ia iseng mengikuti kuis berhadiah payung, tapi selanjutnya, ia memenangkan beberapa hadiah yang lebih besar lagi seperti marchendises, bahkan sempat memenangkan kulkas. Ia sering kali mendapat hadiah nonton konser di berbagai negara. Sebenarnya, bukan konsernya yang ia ingin datangi, melainkan negara tujuan konser tersebut. Sebut saja Tokyo dan Singapura. Ia lebih tertarik dengan uang saku dan jalan-jalan!

Sampai suatu ketika ia mengikuti kuis berhadiah jalan-jalan ke Praha! Seperti dugaannya sebagai quiz hunter, ia sudah ditelepon lebih dulu oleh pihak penyelenggara kuis bahwa ia pemenangnya. Tapi yang tak disangka, Kiandra juga ikut turut serta dalam jalan-jalan ke Praha. Lalu, bagaimana acara jalan-jalan Yudith di Praha? Akankah menyenangkan meski ada Kiandra?

Membaca novel ini, mengingatkan saya pada cerita-cerita teenlit ketika booming. Renyah, segar, dan seru! Sinopsis di belakang buku benar-benar mengecoh saya. Awalnya saya kira Kiandra adalah teman perempuan Yudith, tapi ternyata itu nama lengkap Arkie, cowok yang dibilang cool oleh teman-teman kampus Yudith.

Dan seperti yang saya tuliskan tadi, gaya menulis Riheam memang renyah, segar, dan seru. Meski begitu, banyak sekali bagian-bagian yang terlalu panjang dan tidak penting. Seharusnya naskah Love in Prague ini bisa lebih ramping lagi, tidak setebal ini.

Karakter-karakter yang ada, mulai dari Yudith, Arkie, Mya, Sitta, Demas, dan yang lainnya, cukup seru. Tapi rasanya agak kurang pas ketika saya baca sekarang karena terlalu kekanakan. Mungkin lebih cocok jika usia karakter-karakter ini di-downgrade sedikit. Lebih cocok jadi anak SMA, apalagi dengan kisah cinta Yudith-Arkie yang love-hate relationship. 

Selain itu, deskripsi di novel ini juga cukup baik, meski seharusnya dibuat lebih smooth lagi. Bacaan ringan yang cocok dibaca di waktu senggang.

2 komentar:

  1. nah ini novel yang susah banget nyarinya. dulu sempet punya tapi hilang, dan pas nyari lagi ga nemu-nemu ampe sekarang. sedih! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli bekas di IG @bukukumurah ^^
      Dari dulu emang penasaran sih.

      Hapus