November 05, 2019

[73] Children of Blood and Bone by Tomi Adeyemi

Judul
Children of Blood and Bone
(Legacy of Orïsha #1)

Penulis
Tomi Adeyemi



Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Grace Situngkir
Ilustrasi kover: @garisinau
Elex Media Komputindo, 568 halaman
ISBN 9786020498881


Mereka membunuh ibuku. Mereka mengambil sihir kaumku. Mereka mencoba memusnahkan kaumku.

Tapi sekarang kami bangkit melawan!

Zélie Adebola mengingat masa ketika sihir masih hidup di Orisha. Para Burner dengan nyala api mereka, para Tider yang membangkitkan gelombang, dan ibu Zélie yang membangkitkan jiwa.

Namun segalanya berubah ketika sihir menghilang. Di bawah titah sang raja yang keji, para Maji dibunuh, meninggalkan Zélie tanpa seorang ibu dan kaumnya tanpa harapan.

Sekarang Zélie memiliki kesempatan untuk membawa kembali sihir dan melawan kerajaan. Dengan bantuan dari putri raja yang pemberani, Zélie memperdaya dan melarikan diri dari sang putra mahkota, yang ditugaskan ayahnya untuk melenyapkan sihir selamanya dari kerajaan Orisha.

Bahaya sedang mengancam di Orisha, tempat para leoponaire salju mengeram dan roh pendendam menanti di perairan. Namun bahaya terbesar justru datang dari Zélie yang harus mampu mengendalikan kekuatan sihirnya sekaligus perasaannya yang bertumbuh terhadap musuhnya, sang putra mahkota.


* * *


Pertama kali tahu novel ini adalah saat ada Goodreads Choice Awards. Novel ini sering banget berseliweran di feeds Goodreads gue. Lalu gue makin penasaran karena novel ini memenangkan salah satu kategori penghargaan di GCA tersebut. Meski begitu, gue tetap enggan mencari dan membaca novelnya. Nggak lama kemudian, si mbaknya—alias Tomi Adeyemi (yang kalo kata temen gue: “Lo baca novel Adem Ayem?”) rame banget di Twitter.

Mungkin kalian juga tahu soal si mbaknya yang ribut soal judulnya diplagiat… LOL. Duh, si mbaknya eles-eles banget sih. Judul doang sama wey…! Hahaha.

Dan kaget juga waktu Elex Media menerbitkan terjemahannya! Plus, kovernya juga bagus. Gue lebih suka versi Indonesia ketimbang versi aslinya. Mantul sekali gambarnya. Ragu pengin beli karena takut terjemahannya jelek, apalagi TEBAL banget ya, lima ratus halaman lebih.

November 02, 2019

[72] Demian by Hermann Hesse


Judul Buku
Demian

Penulis
Hermann Hesse



Penerjemah: Diandra Rizkyutami⁣
Penyunting: Ayu Yudha dan Mery Riansyah⁣
Desain Sampul: Sukutangan
ISBN: 9786026682475
Semicolon Publisher, 224 halaman




Emil Sinclair dibesarkan di keluarga kaya. Dia sejak kecil tahu bahwa dia diharuskan seperti ayah dan ibunya: berpendidikan, saleh, dan baik. Namun, peraturan itu membuatnya merasa terkungkung. ⁣

Sampai dia bertemu Max Demian, teman yang membantunya mempertanyakan apa arti menjadi manusia.⁣

Buku ini merupakan pergolakan batin anak muda untuk memilih dunia terang dan dunia gelap, semua itu demi menemukan jati dirinya.⁣


* * *


Demian merupakan novel klasik dengan tokoh utama remaja bernama Emil Sinclair. Tokoh Max Demian sendiri bukanlah tokoh utama, melainkan tokoh pembantu yang justru memberikan petunjuk-petunjuk terhadap Emil Sinclair dalam fase hidupnya yang berkelok. Pertemuan Sinclair dengan Damian pun sempat terhenti, lalu akhirnya bertemu lagi. Benar-benar kismet.

Gue nggak bakal banyak meresensi kisah dan plot dan dalam novel ini karena rasanya nggak punya kapasitas. Dan kayaknya udah banyak banget yang review, apalagi ini salah satu novel klasik.

© Omnivore Reader
Maira Gall